Counter Hits!!

Saturday, April 3, 2010

Strategi Mengatur Waktu


Semua orang memiliki jumlah waktu yang sama setiap harinya. Dalam satu minggu kita menghabiskan 168 jam. Setengah dari waktu yang kita gunakan habis kerna empat hal, yaitu: tidur, makan, bergaul dan hubungan interpersonal.


Sering kali ditemui bahwa banyak mahasiswa yang masih belum dapat mengatur waktu dengan cara efisien sehingga mereka mengalami kesulitan dalam mengatur jadwal yang tentunya sangat penuh dengan aktiviti dan juga kegiatan belajar.

Masalah yang muncul dalam mengatur waktu adalah jika setiap hari kita memiliki kegiatan dan sulit untuk dikawal, maka masalah akan muncul. Masalah yang muncul tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yaitu perencanaan yang tidak terorganisasi, tidak jelas, melencong, tidak konsisten, tidak ada tujuan, dan kurang efektif dalam menggunakan waktu.

Akan sangat membantu jika kita menuliskan beberapa masalah yang muncul dalam pengaturan waktu. Ada beberapa tips atau strategi yang dapat membantu mahasiswa dalam mengatur waktunya agar lebih berhasil dalam belajar dan beraktiviti:
  • Perhatikan bila waktu luang yang dimiliki. Waktu luang yang dimaksudkan adalah waktu yang membebaskan kita dari segala aktiviti kuliah, kursus atau kegiatan lainnya.
  • Perhatikan keadaan kita yang paling sesuai untuk belajar, spt dimalam hari atau dini hari.
  • Buatlah jadual untuk mengatur waktu belajar dan juga akitiviti yang akan dilakukan. Ideanya, waktu untuk belajar adalah 50 minit ditambah waktu istirahat. Buat variasi dalam belajar, misal ganti lokasi belajar atau ajak teman untuk belajar.
  • Jagalah motivasi belajar dengan cara membuat target.
  • Perhatikan keadaan tubuh. Kesihatan adalah segalanya. Kerna itu, dalam membuat jadual masukkan juga waktu istirahat.
  • Saat belajar tidak selalu harus melakukan tugas. Buatlah waktu untuk membaca pelajaran dua kali. Pertama, sebelum mula kuliah (masuk kuliah) dan kedua setelah kuliah. Hal tersebut akan membantu ingatan jangka panjang.
  • Setelah melakukan semua kegiatan, maka sisakan waktu lima minit untuk kegiatan Anda. Apakah sudah dijalankan sesuai jadual atau sebaliknya.
"Catatan:Penulis ingin mengucapkan selamat menjalani peperiksaan akhir kepada Mahasiswa UTM, semoga kita terus menuju puncak kegemilangan (Kerana Tuhan Untuk Manusia)"

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...